Senin, 30 April 2012

Silabus


SILABUS IPA FISIKA SMP KELAS VIII
SILABUS
Sekolah                                   : SMPN 02 Brangsong
Kelas                                       : VIII (delapan)
Mata Pelajaran                        : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Semester                                  : II
Standar Kompetensi             :   1. Siswa mampu memahami peranan Gaya, Usaha, dan Energi dalam kehidupan sehari-hari

No.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.
1.1.Mengidentifikasi Gaya, jenis-jenis Gaya, penjumlahan Gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai Gaya
1.2.Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan      sehari-hari
Gaya, Jenis-jenis Gaya, dan Hukum Newton


·     Guru memberikan instruksi dan membimbing Peserta didik untuk membentuk kelompok
·     Peserta didik melakukan diskusi kelompok tentang pengertian dan hal-hal yang berkaitan dengan Gaya melalui media yang telah disediakan oleh Guru
·     Setelah selesai berdiskusi, masing-masing kelompok menunjuk wakilnya untuk maju ke depan menempelkan hasil diskusi mereka di papan tulis serta mempresentasikannya dan kelompok yang lain menanggapi; Guru sebagai moderator
·     Guru menyampaikan materi tambahan terkait Gaya dan Hukum Newton sebagai pelengkap dalam hantaran materi pelajaran hari ini
1.    Menjelaskan pengertian Gaya
2.    Mendeskripsikan jenis-jenis Gaya
3.    Menganalisis penjumlahan Gaya
4.    Menunjukkan pengaruh suatu benda yang dikenai Gaya
5.    Menjelaskan pengertian hukum Newton
6.    Mendeskripsikan terjadinya hukum Newton pada suatu benda
7.    Menganalisis massa dan berat suatu benda diam maupun bergerak
Tes Tertulis (penugasan), Tes Keaktifan dalam kelompok
Tes Isian
·         Tuliskan jenis-jenis Gaya yang kamu ketahui!
·         Sebutkan contoh Gaya tak sentuh!
·       Apa yang dimaksud dengan Resultan Gaya?
·       Bagaimana penjelasan yang menyatakan bunyi hukum Newton I, II, dan III?
2 jam pelajaran (80 menit)
Kanginan, Marthen, IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2002.

Prasodjo, Budi, dkk, Fisika SMP Kelas VIII, Jakarta: Yudhistira, 2010.

Sugiyono, Vany, Fisika Menyongsong OSN SMP, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), Hal. 39-43.

1.3.Menjelaskan hubungan bentuk Energi dan perubahannya, prinsip “Usaha dan Energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Usaha dan Energi

·      Motivasi dan apersepsi
·      Guru membimbing peserta didik dalam pemahaman konsep Usaha dan Energi serta menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari
·      Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari; Peserta didik mengerjakan latihan soal (kuis) open book
·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya seputar materi pelajaran yang telah dipelajari dan didiskusikan bersama-sama
a.       Menjelaskan pengertian Energi dan perubahannya
b.      Mendeskripsikan prinsip Usah dan Energi
c.       Menunjukkan pengaruh Usaha dan Energi serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis (kuis)
Isian
·         Apa pengertian Usaha dan Energi?
·         Bagaimana bunyi tentang hukum kekekalan Energi?
·         Berikan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang melibatkan adanya perubahan Energi!
·         Hitung energi kinetik yang dimiliki oleh mobil 2.500 kg berjalan dengan kecepatan 72 km/jam?
·         Jelaskan hubungan antara Usaha dan Energi dalam rumus!
2 jam pelajaran (80 menit)
Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
1.4.Melakukan percobaan tentang Pesawat Sederhana dan  penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Pesawat Sederhana

·         Motivasi dan apersepsi
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·         Sebelumnya, peserta didik diwajibkan membawa alat-alat rumah tangga seperti pada lembar tugas.
·         Secara kelompok peserta didik mendiskusikan prinsip kerja pesawat sederhana sebagai uji responsi
·         Peserta didik menganalisis benda-benda yang termasuk dalam pesawat sederhana
·         Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke tabel dalam data pengamatan
1.    Menjelaskan prinsip kerja Pesawat Sederhana
2.    Menunjukkan penerapan Pesawat Sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis dan Responsi
Tes Esai dan lisan
·    Apa yang dimaksud dengan Pesawat Sederhana?
·    Bagaimana prinsip kerja Pesawat Sederhana?
·    Benda-benda apa saja yang tergolong dalam Pesawat Sederhana?
2 jam pelajaran (80 menit)
Alat-alat praktikum

Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
1.5.Menyelidiki Tekanan pada benda Padat, Cair, dan Gas   serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari
Tekanan pada benda Padat, Cair, dan Gas
·         Motivasi dan apersepsi
·         Guru memberikan materi terkait Tekanan
·         Guru mendiskusikan fenomena suatu benda dan  peserta didik menanggapinya
·         Guru membimbing peserta didik dan memberikan informasi yang benar
1)   Menjelaskan pengertian Tekanan
2)   Mendeskripsikan sifat-sifat benda Padat, Cair, dan Gas
3)   Menganalisis penerapan Tekanan pada benda Padat, Cair, dan Gas dalam kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis
Tes Esai
·   Jelaskan perbedaan antara istilah pada benda mengapung, tenggelam, dan melayang!
2 jam pelajaran (80 menit)
Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.

 Sumber belajar:
1.      Kanginan, Marthen, IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga, 2002.
2.      Prasodjo, Budi, dkk, Fisika SMP Kelas VIII, Jakarta: Yudhistira, 2010.
3.      Sugiyono, Vany, Fisika Menyongsong OSN SMP, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), Hal. 39-43.
4.      Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
5.      Alat-alat Praktikum


                                                                                                                                                Dilaksanakan, 30 April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                                       Guru Fisika




          (Drs. Agus Chrismoro)                                                                                                              (Khusnul Kholifah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar