SILABUS IPA
FISIKA SMP KELAS VIII
SILABUS
Sekolah : SMPN 02
Brangsong
Kelas : VIII
(delapan)
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan
Alam)
Semester : II
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu memahami peranan Gaya, Usaha,
dan Energi dalam kehidupan sehari-hari
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.
|
1.1.Mengidentifikasi
Gaya, jenis-jenis Gaya, penjumlahan Gaya dan pengaruhnya pada suatu benda
yang dikenai Gaya
1.2.Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
Gaya,
Jenis-jenis Gaya, dan Hukum Newton
|
· Guru memberikan
instruksi dan membimbing Peserta didik untuk membentuk kelompok
· Peserta didik
melakukan diskusi kelompok tentang pengertian dan hal-hal yang berkaitan
dengan Gaya melalui media yang telah disediakan oleh Guru
· Setelah
selesai berdiskusi, masing-masing kelompok menunjuk wakilnya untuk maju ke
depan menempelkan hasil diskusi mereka di papan tulis serta
mempresentasikannya dan kelompok yang lain menanggapi; Guru sebagai moderator
· Guru
menyampaikan materi tambahan terkait Gaya dan Hukum Newton sebagai pelengkap
dalam hantaran materi pelajaran hari ini
|
1.
Menjelaskan pengertian Gaya
2.
Mendeskripsikan jenis-jenis Gaya
3.
Menganalisis penjumlahan Gaya
4.
Menunjukkan pengaruh suatu benda yang dikenai Gaya
5.
Menjelaskan pengertian hukum Newton
6.
Mendeskripsikan terjadinya hukum Newton pada suatu
benda
7.
Menganalisis massa dan berat suatu benda diam
maupun bergerak
|
Tes Tertulis
(penugasan), Tes Keaktifan dalam kelompok
|
Tes Isian
|
·
Tuliskan jenis-jenis Gaya yang kamu ketahui!
·
Sebutkan contoh Gaya tak sentuh!
·
Apa yang dimaksud dengan Resultan Gaya?
·
Bagaimana penjelasan yang menyatakan bunyi hukum
Newton I, II, dan III?
|
2 jam pelajaran (80 menit)
|
Kanginan, Marthen, IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII,
Jakarta: Erlangga, 2002.
Prasodjo, Budi, dkk, Fisika SMP Kelas VIII, Jakarta:
Yudhistira, 2010.
Sugiyono, Vany, Fisika Menyongsong OSN SMP, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010),
Hal. 39-43.
|
1.3.Menjelaskan
hubungan bentuk Energi dan perubahannya, prinsip “Usaha dan Energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Usaha
dan Energi
|
· Motivasi dan
apersepsi
· Guru
membimbing peserta didik dalam pemahaman konsep Usaha dan Energi serta
menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari
· Guru
memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari;
Peserta didik mengerjakan latihan soal (kuis) open book
· Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya seputar materi
pelajaran yang telah dipelajari dan didiskusikan bersama-sama
|
a.
Menjelaskan pengertian Energi dan perubahannya
b.
Mendeskripsikan prinsip Usah dan Energi
c.
Menunjukkan pengaruh Usaha dan Energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes Tertulis
(kuis)
|
Isian
|
·
Apa pengertian Usaha dan Energi?
·
Bagaimana bunyi tentang hukum kekekalan Energi?
·
Berikan 3 contoh kegiatan sehari-hari yang
melibatkan adanya perubahan Energi!
·
Hitung energi kinetik yang dimiliki oleh mobil
2.500 kg berjalan dengan kecepatan 72 km/jam?
·
Jelaskan hubungan antara Usaha dan Energi dalam
rumus!
|
2 jam pelajaran (80 menit)
|
Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
|
|
1.4.Melakukan
percobaan tentang Pesawat Sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Pesawat
Sederhana
|
·
Motivasi dan apersepsi
·
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok
·
Sebelumnya, peserta didik diwajibkan membawa
alat-alat rumah tangga seperti pada lembar tugas.
·
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan
prinsip kerja pesawat sederhana sebagai uji responsi
·
Peserta didik menganalisis benda-benda yang
termasuk dalam pesawat sederhana
·
Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke
tabel dalam data pengamatan
|
1.
Menjelaskan prinsip kerja Pesawat Sederhana
2.
Menunjukkan penerapan Pesawat Sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes Tertulis
dan Responsi
|
Tes Esai dan
lisan
|
· Apa yang
dimaksud dengan Pesawat Sederhana?
· Bagaimana
prinsip kerja Pesawat Sederhana?
· Benda-benda
apa saja yang tergolong dalam Pesawat Sederhana?
|
2 jam pelajaran (80 menit)
|
Alat-alat praktikum
Wijaya,
Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
|
|
1.5.Menyelidiki
Tekanan pada benda Padat, Cair, dan Gas
serta penerapannya dalam kehidupan sehari- hari
|
Tekanan pada
benda Padat, Cair, dan Gas
|
·
Motivasi dan apersepsi
·
Guru memberikan materi terkait Tekanan
·
Guru mendiskusikan fenomena suatu benda dan peserta didik menanggapinya
·
Guru membimbing peserta didik dan memberikan
informasi yang benar
|
1)
Menjelaskan pengertian Tekanan
2)
Mendeskripsikan sifat-sifat benda Padat, Cair, dan
Gas
3)
Menganalisis penerapan Tekanan pada benda Padat,
Cair, dan Gas dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes Tertulis
|
Tes Esai
|
· Jelaskan
perbedaan antara istilah pada benda mengapung, tenggelam, dan melayang!
|
2 jam pelajaran (80 menit)
|
Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
|
Sumber
belajar:
1.
Kanginan, Marthen, IPA FISIKA untuk SMP Kelas VIII,
Jakarta: Erlangga, 2002.
2. Prasodjo, Budi, dkk, Fisika SMP Kelas VIII, Jakarta:
Yudhistira, 2010.
3.
Sugiyono, Vany, Fisika Menyongsong OSN SMP, (Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 2010), Hal. 39-43.
4. Wijaya, Agung, dkk, Cerdas Belajar IPA untuk SMP/MTs Kelas VIII, Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia, 2009.
5. Alat-alat Praktikum
Dilaksanakan,
30 April 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Fisika
(Drs. Agus Chrismoro) (Khusnul
Kholifah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar